.

Kaca Film 3M, LLumar, Perfections – mana yang Anda pilih?

Bagi sebagian orang, berkendara dengan mobil menyusuri jalanan yang macet dan panas mungkin sudah menjadi ritual sehari-hari. Bahkan ada yang sebagian besar waktu efektif bekerja habis di jalan karena terkena kemacetan, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Malang.
Aksesoris mobil sebagai pelengkap dan pendukung kenyamanan berkendara sangatlah penting. Mulai dari tata suara atau sound system di dalam kabin, model transmisi kendaraan (manual dan matic), efisiensi bahan bakar (BBM) saat terjebak kemacetan, dan yang tak kalah pentingnya adalah KACA FILM mobil.




Fungsi kaca film pada kendaraan (dan mungkin juga pada kaca jendela dan pintu rumah) antara lain:
1. Penolak sinar matahari langsung dimana teriknya sinar matahari tidak bisa menembus kaca. Keuntungannya pada mobil, di kabin, pengendara tidak merasakan panas yang berlebihan, dan bagian interior mobil tidak cepat rusak kualitas bahannya akibat terpapar sinar matahari secara langsung.
2. Penyaring sinar ultraviolet. Seperti diketahui, sinar ultraviolet dapat merusak kulit dan bahkan berbahaya dan menjadi sumber penyakit (kanker), dll. Dengan dipasang kaca film, intensitas sinar ultraviolet yang masuk ke dalam kabin dan mengenai pengemudi dan penumpang bisa dikurangi.
3. Meningkatkan efisiensi bahan bakar karena penggunaan AC yang bisa maksimal. Apabila menggunakan kaca film, karena panas dan sinar ultraviolet bisa dibendung, otomatis tingkat suhu dalam kabin bisa dijaga secara maksimal tanpa harus menyetel pada pengaturan AC yang maksimal dan pada akhirnya mengurangi konsumsi BBM.
Dari beberapa merk kaca film yang pernah saya pakai di antaranya adalah 3M, LLumar, dan Perfections. Untuk merk 3M, saya pergunakan tipe Crystaline 40% untuk kaca depan, sedangkan Llumar saya pergunakan tipe Super Black 80% pada kendaraan Daihatsu Xenia saya dulu. Khusus untuk kaca film Perfections, saya gunakan tipe Zircon Solid Black 60% untuk samping dan belakang, lalu Nickel Black 40% untuk kaca depan.
Perbandingan head to head untuk tipe kaca film dengan warna hitam (LLumar 80% vs Perfections 60%), di sini ada hal yang menurut saya aneh. Tampak luar, Perfection 60% memiliki kepekatan hitam sama dengan LLumar 80% sedangkan dari dalam, Perfection lebih terang dibandingkan LLumar 80%. Pada awalnya saya kira 60% puya perfection adalah 80% ternyata setelah melongok ke dalam kabin baru terlihat perbedaannya.
Untuk kaca film depan, 3M Crystaline memang terbukti handal dalam urusan tolak panas meskipun konturnya CLEAR alias bening. Namun Perfectio Nickel Black 40% juga tidak kalah jauh, terbukti saat dijemur di panas matahari, dalam kabin masih hangat-hangat saja, tidak terlalu panas,
Saya mungkin belum mencoba kaca film kualitas premium macam V-Kool, karena pertimbangan sederhana, BUDGET. Dengan budget yang tidak terlalu besar, kaca film yang bisa memberikan fungsi perlindungan yang maksimal sudah  bisa saya dapatkan, meskipun saya belum bisa mengatakan bagaimana kualtias V-Kool karena belum pernah pake secara langsung.
Untuk pengguna awam, bukan hobbyst apalagi extrimist, saya rasa budget minded boleh dijadikan petimbangan utama saat memilih kaca film mana yang baik. Asalkan jangan pasang kaca film emperan seharga 200-300rb untuk depan samping belakang, yang Anda dapat bukannya malah kenyamanan dan keamanan, tetapi mata bisa berkunang-kunang, kabur dan dalam kabin tetap terasa panas.
Berikut gambaran spesifikasi antar merk Kaca Film. Meskipun tidak disertai harga patokan, paling tidak bisa memberikan gambaran kebutuhan seperti apa yang ingin Anda penuhi (dan bukan keinginan yang harus dipenuhi).

Sumber gambar: oleh KLIK (Komunitas Livina Kaskus)
Tampak depan Perfection 40%

Perfections Nickel 40%
Tampak belakang Perfection 60%

Perfection Zircon 60%
Tampak samping Perfections 60%

Perfection Zircon 60%

Be wise and smart dalam memilih Kaca Film
Untuk tanya tentang pemasangan bisa dengan format sms
#Promo Pasang KF#Mobil#Nama#No HP#Alamat#
sms ke 081542174763
Contoh
#Promo KF Film 3M#Mobil Avanza#Rino#085211253555#Perum Villa Mutiara Cikarang Blok F5 No 3 Ciantra Cikarang Bekasi #
sms ke 081542174763

0 Response to "Kaca Film 3M, LLumar, Perfections – mana yang Anda pilih?"

Post a Comment