Cara Memasang Kaca Film bagian Depan Mobil yang baik dan benar

Cara Memasang Kaca Film bagian Depan Mobil yang baik dan benar

Kaca Film Cikarang - Nah jika pecinta otomotif sudah lazim dengan kaca film mobil pada bagian samping ataupun bagian belakang mobil, kali ini www.mobilku.org tertarik untuk sedikit mengulas bagaimana kaca film dipasang pada bagian depan mobil (kaca depan). Memang bagi kebanyakan orang membiarkan kaca depan tidak dilapisi film agar pandangan lebih cerah/ terang, akan tetapi bagi sebagian orang yang sedikit anti dengan panas (seperti saya) akan mempertimbangkan pemasangan kaca film pada bagian depan mobil untuk mengurangi panas dari arah depan.

Memang benar saat ini sudah banyak pemilik mobil melapisi kaca depan dengan lapisan film gunanya selain mengurangi panas juga mengurangi sinar yang masuk ke mata dan menyilaukan, hal ini mengingat semakin tahun cuaca semakin panas (pemanasan global) sehingga cahaya yang terlihat berlebihan tidak lagi membantu dalam memandang akan tetapi menyilaukan dan membuat sakit mata. Akan tetapi ada beberapa patokan yang harus diketahui oleh pemilik mobil sebelum memasang kaca film misalnya kualitas film, tingkat kegelapan film, cara pemasangan film dan lain-lain yang membutuhkan perlakuan khusus pada bagian kaca depan.
selain kualitas film berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasangan film pada kaca depan mobil:
Visibilitas
Nah visibilitas adalah kemampuan pandang atau daya pandang, semakin gelap maka daya pandang (visibilitas) semakin kecil, visibilitas ini terkait erat dengan tingkat kegelapan lapisan film dimana untuk kaca bagian depan yang direkomendasikan tingkat kegelapan tidak lebih dari 40 % (maksimum 40%), sedangkan untuk kaca bagian samping dan bagian belakang bisa memakai film dengan tingkat kegelapan sampai 80%.
Ada juga yang berpatokan bahwa tingkat kegelapan kaca film depan maksimum setengah dari tingkat kegelapan kaca film samping dan belakang, misalnya jika kaca samping 60% maka kaca depan bisa memakai film dengan kegelapan 30%. Akan tetapi semua bergantung dari kesukaan pemilik mobil juga sebenarnya, akan tetapi www.mobilku.org menyarankan maksimum tingkat kegelapan 40% pada kaca depan


Baca juga : Tips Memilih kaca film murah Berkualitas
Reflektifitas
Selain tingkat kegelapan memasang kaca film depan juga mempertimbangkan reflektifitas (daya pantul cahaya dan panas keluar kabin) atau agar tidak masuk ke mobil, terlebih jika pada bagian dashboard mobil dibangun dengan material yang kurang baik seperti plastik yang mengkilap. beberapa patokan tentang reflektifitas ini antara lain:
* VLT (visible light transmittance): merupakan ukuran banyaknya cahaya yang dapat menembus kaca film, dalam satuan persen yang mana semakin kecil VLT maka semakin teduh (gelap) suasana dalam mobil. sebagai catatan bahwa VLT paling kecil untuk kaca depan adalah 40 % dan lebih kecil dari itu tidak dianjurkan
* UVR (ultra violet rejected): merupakan ukuran kemampuan kaca film dalam menolak sinar ultra violet matahari, semakin besar prosentase UVR maka kaca film makin berkualitas
* IRR atau infra red rejected: yakni kemampuan membuang sinar infra merah, semakin besar IRR maka kaca fil ini semakin berkualitas
* TSER atau total solar energy rejected: yakni kemampuan menolak energi matahari secara keseluruhan, semakin besar prosentase TSER maka kaca film semakin bagus atau berkualitas.
Kualitas Lem
Kualitas lem yang buruk dapat menyebabkan film tidak melekat sempurna pada kaca (seperti ada gelembung udara) yang sulit hilang dengan sendirinya, lem yang buruk juga akan menimbulkan bekas saat lapisan film dilepas nantinya (saat pergantian kaca film), selain itu lem yang buruk juga akan memperpendek usia dari kaca film itu sendiri.
Nah paling tidak pecinta otomotif bisa menanyakan pada teknisi tentang lem yang bagus, atau jika tidak bisa menggunakan lem dari merk-merk terkenal (yang punya reputasi). oh iya pasanglah pada bengkel mobil yang memiliki reputasi pula karena kaca film depan ini relatif sulit.
Pertimbangan Lain
beberapa hal lain yang menjadi pertimbangan:
* kerapian kerja (hasil pemasangan yang rapi) akan membuat tampilan mobil lebih baik dan fungsi kaca fil maksimal, carilah bengkel yang ahli dalam bidang ini dan punya reputasi di kota anda
* lebih baik sebelum memutuskan menggunakan kaca film pecinta otomotif bisa melakukan test drive (mencoba berkendara) dengan mobil yang memakai kaca film tertentu untuk mendapatkan feel yang tepat, jika masih ragu lebih baik tidak memasang dulu
* merk-merk yang baik untuk kaca film adalah masterpiece, 3M, Huper Optic, V-kool. Biasanya pabrikan kaca fil memberi garansi sampai 7 tahun (tanyakan apakah ada garansi pada bengkel tempat membeli)
* jangan terjebak pada kaca film palsu karena kualitanya lebih jelek dari kaca fil yang murah sekalipun bahkan bisa merusak kaca. (jangan tergiur dengan harga yang miring tidak wajar).
Untuk tanya tentang pemasangan bisa dengan format sms
#Promo Pasang KF#Mobil#Nama#No HP#Alamat#
sms ke 081542174763
Contoh
#Promo KF Film 3M#Mobil Avanza#Rino#085211253555#Perum Villa Mutiara Cikarang Blok F5 No 3 Ciantra Cikarang Bekasi #
sms ke 081542174763

0 Response to "Cara Memasang Kaca Film bagian Depan Mobil yang baik dan benar"

Posting Komentar